Bagi teman – teman yang suka melakukan pendakian gunung pasti pernah menemukan tumbuhan cantik yang satu ini. Sekilas dia terlihat mirip sekali dengan si Edelweiss (Anaphalis spp.) namun ternyata mereka cuma saudaraan. Disini saya akan coba paparkan sedikit deskripsinya yang disadur dari buku The Mountain Flora of Java, karangan C.G.G.J. van Steenis.

Gnaphalium japonicum Thunb. –  Flora of Java 2:394 – G. Papandayan

Terna bertahun (perenial), tegak, berdiri hingga 60cm, bercabang sedikit, tidak jarang dari tajuk akar keluar akar merayap dan disitu muncul roset tumbuhan anak baru. Daun panjang 1-9 cm, lebar 1-6 mm. Di Jawa barat jarang (G. Tangkuban Perahu dan G. Papandayan) ke arah Timur hingga G. Ijen, pada ketinggian 1850 – 3125 mdpl, di tempat terbuka, tegalan, sering berkelompok di dataran tempat terjadi udara beku (G. Iyang), tanah miskin di kawah tua, juga dalam hutan cemara terbuka. Ditemukan juga di Asia Timur, Sumatera Barat (G. Kerinci), Bali, Nusa Tenggara (Lombok, Timor) dan Luzon. Dalam bahasa Jawa tumbuhan ini disebut Sindura sabrang.Gnaphalium japonicum Thunb.

About edelweisssumatra

Saya seorang peneliti muda dan baru saja menamatkan studi di Program Studi Biologi Pascasarjana Universitas Andalas, Padang Sumatera Barat. Saya tertarik pada bidang Taksonomi Tumbuhan Tngkat Tinggi dan sekarang sedang mencoba mengamati fenomena hidup si Edelweiss di Sumatera Barat. Akan sangat menarik ketika bisa mengkajinya lebih dalam dan dengan cakupan area yang lebih luas. Oleh karena itu besar harapan saya jika ada dari rekan-rekan yang juga tertarik dan mau berbagi ilmu dan pengalaman bersama saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s